Atlantik

I. PROFIL

ATLANTIK merupakan suatu lembaga semi otonom dibawah naungan Himasper (Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumber daya Perairan) dan merupakan suatu wadah pengembangan diri bagi mahasiswa MSP-FPIK IPB terutama dalam lingkungan perairan. ATLANTIK terbentuk pada tanggal 20 Februari 2014 yang berawal dari sekelompok mahasiswa yang ingin mengaplikasikan ilmunya di lapang, kemudian oleh ketua Himasper tahun 2013-2014 memutuskan untuk membentuk suatu Komunitas. Muhammad Ciputra, Ketua Himasper menunjuk Ida Nurokhmah sebagai ketua kemudian komunitas tersebut diberi nama ATLANTIK.
Ide pemberian nama ATLANTIK berawal dari filosofi samudera atlantik yang sangat luas dan sempat menjadi pusat peradaban dunia. Samudera atlantik sering dikaitkan dengan Benua Atlantik yang hilang. Plato menyebutkan bahwa Benua Atlantik dulunya merupakan suatu Negara yang makmur, memiliki kekayaan alam yang tinggi dan masyarakat yang sangat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Sumber lain menyebutkan bahwa atlantik yang dimaksud tersebut sebenarnya adalah Indonesia sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Prof. Santos selama berpuluh-puluh tahun. Fakta tersebut menginspirasi untuk kembali memunculkan nama ATLANTIK dengan harapan kejayaan yang dulu pernah ada bisa kembali lagi sesuai dengan pernyataan santos dalam Bukunya “Atlantis The Lost Continents Finally Found”.

II. TUJUAN

Tujuan dari ATLANTIK adalah penyadaran dan pemberdayaan anggota melalui pengembangan keilmuan sehingga diharapkan nantinya dapat berkiprah sesuai dengan peran dan fungsi dari ilmu yang telah dipelajari.

III. PROGRAM KERJA

Kegiatan ATLANTIK sebagian besar merupakan kegiatan lapang. Program kerja tahunan dari ATLANTIK adalah Biodiversitas Akuatik Kampus dan Ekspedisi. Bidang kajian ATLANTIK meliputi perairan hulu yang berada di atas gunung hingga hilir dan laut. Kegiatan atlantik tidak hanya terpaku di lingkungan perairan sebagai habitat saja, akan tetapi juga memperhatikan flora dan fauna yang terdapat dalam suatu ekosistem perairan.
Pada tahun pertama, ATLANTIK telah suskes melaksanakan program Biodiversitas Akuatik Kampus dan Ekspedisi Penyu di SM. Cikepuh Sukabumi.

Dokumentasi kegiatan Atlantik

FacebookTwitterWhatsAppBlogger PostTumblrGoogle+Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *