Festival Air : Clean Water for My Country 2017

Posted on Posted in IPB, Press Release

1

Festival Air merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (HIMASPER) Institut Pertanian Bogor (IPB). Festival Air 2017 ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan sebagai bentuk konribusi dan kepedulian generasi muda terhadap lingkungan dan pengelolaan sumberdaya air di Indonesia. Tahun ini Festival Air mengangkat tema “Clean Water for My Country”. Tema ini bertujuan mengingatkan kepada masyarakat khususnya pemuda  terhadap betapa pentingnya fungsi dan peran air bagi kehidupan.

c

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama HIMASPER IPB dengan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) IPB, Komunitas Peduli Ciliwung serta pihak lain yang turut mendukung berlangsungnya kegiatan ini mulai dari awal sosialisasi hingga berakhir pada 15 Oktober 2017. Rankaian Festival Air 2017 sukses dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 14-5 Oktober 2017 bertempat di Bogor. Kegiatan ini mengundang beberapa delegasi dari berbagai Sekolah setara Menengah Atas yang telah lolos seleksi secara Nasional dalam rangkaian perlombaan yang sudah diselenggarakan sebelumnya untuk mempresentasikan hasil karya mereka di depan Juri. Festival Air 2017 terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan yang menarik seperti pengenalan KIT bioindikator kualitas perairan, demo praktikum iktiologi, Presentasi Lomba Karya Tulis Ilmiah dan cipta puisi, Serta Seminar Nasional.

d

Hari Pertama Festival Air 2017 tanggal 14 Oktober 2017 dilaksanakan demo praktikum iktiologi dan demo kit bioindikator kualitas perairan yang masing-masing dipimpin oleh Muhammad Zainuri dan Gatot Prayoga serta didampingi beberapa Asisten Laboratorium Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) IPB. Peserta diperkenalkan dengan KIT yang bioindikator yang dapat memudahkan dalam mendeteksi kualitas perairan serta berbagai organisme yang yang menjadi indicator tingkat pencemaran di perairan. Sesi selanjutnya peserta di pandu dalam dalam teknis pembedahan ikan untuk mengenali struktuk morfologi dan anatomi ikan. Peserta dikondisikan agar merasakan suasana praktikum mahasiswa dengan memakai jas lab serta perlengkapan tambahan seperti masker dan sarung tangan. Setelah selesai dengan kegiatan Lab para delegasi melakukan “Campus Tour” berkeliling kampus IPB Dramaga sebelum kembali ke penginapan masing-masing.

b

Hari kedua Festival Air 2017 dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2017. Hari kedua ini merupakan acara puncak Festival Air 2017. Hari kedua ini merupakan acara puncak Festival Air 2017 yaitu dilaksanakannya Seminar Nasional dan Final Presentasi Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Cipta Puisi. Acara dibuka oleh Dr. Majariana Krisanti, S.Pi, M.Si selaku ketua Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB. Siswa-siswi yang menjadi delegasi selanjutnya menyampaikan hasil karya mereka didepan peserta seminar dan Juri yang hadir. Seminar Nasional disampaikan oleh Bapak Setyo Pambudi Nugroho S.P., M.Si yang merupakan LPJP AMDAL Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) IPB serta dihadiri oleh Mbak Viedela Aricahyani Kodirin dari Komunitas Peduli Ciliwung. Tema yang diangkat secara khusus untuk Seminar Nasional ini adalah “Fungsi air untuk setiap lapisan maysrakat agar dapat dimanfaatkan secara optimal”. Acara diakhiri dengan penyerahan bingkisan kepada pembicara serta pengumuman pemenang Lomba Nasional yang atelah dinilai oleh Juri

Semua kegiatan yang telah dilaksanakan melalui Festival Air 2017 ini merupakan bentuk kepedulian dari generasi muda khususnya mahasiswa dalam memujudkan ketersediaan air yang bersih dan sehat di Indonesia serta mengenalkan pada generasi muda akan pentingya peran perairan bagi kehidupan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera.

Penulis : Fajar Wirahadi

Editor : Achmad Yasin

FacebookTwitterWhatsAppBlogger PostTumblrGoogle+Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *