Hebat, Tiga Mahasiswa IPB asal Tegal Ciptakan Cokelat (Taco) dari Limbah Ampas Tahu

Posted on Posted in Buletin Himasper IPB, IPB

tacopreneur

 

“Tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) asal Tegal, yakni Hendra, Indah, dan Suci berhasil menciptakan taco, cokelat yang dibuat dari ampas limbah tahu. Hebatnya lagi, penemuan tiga mahasiswa angkatan 51 itu berhasil menembus Top 75 Asean Young Socialpreneur program.”

 

Menurut ketiganya ide pemanfaatan limbah ampas tahu ini muncul, karena melihat permasalahan yang ada di daerahnya. Apalagi Kecamatan Adiwerna merupakan salah satu sentra industri tahu di Kabupaten Tegal. Dipaparkan ketiganya, masyarakat di sekitar kampung halamannya kebanyakan berprofesi sebagai pengrajin tahu. Bahkan beberapa desa di Kecamatan Adiwerna merupakan pusat industri tahu.  “Adanya industri ini berdampak terhadap ekonomi, sosial, dan kualitas lingkungan,” kata Hendra mewakili dia orang temannya yang lain.

Salah satu desa dengan banyak pengrajin tahunya adalah Desa Pesalakan. Ironisnya, jumlah warga yang tergolong miskin di Desa Pesalakan mencapai 2.422 orang dengan persentase penduduk miskinnya 20,35 persen sesuai data BPS 2015 lalu. “Pemanfaatan limbah ampas tahu belum optimal dilakukan, utamanya bagi kebutuhan gizi masyarakatnya. Padahal kandungan gizi dari ampas tahu cukup tinggi,” bebernya.

Hendra, Mahasiswa jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan IPB memaparkan bahwa tujuan sociopreneur sebagai upaya mengurangi limbah ampas tahu dan menjaga lingkungan yang bersih, memberikan alternatif gizi sebagai sumber protein yang bermanfaat bagi tubuh, meningkatkan nilai jual pangan lokal, inovasi produk pangan berbahan tepung ampas tahu dan cokelat. Selain itu juga pemberdayaan masyarakat Desa Pesalakan melalui pembentukan kelompok usaha, meningkatkan pendapatan bagi warga sekitar, serta meningkatkan ketrampilan masyarakat yang mampu bersaing.

“Harapan dari hadirnya taco ini bisa menjadi solusi terhadap permasalahan yang ada dan sebagai bentuk kontribusi putra-putri daerah untuk mengembangkan dan meningkatkan daerahnya menjadi daerah yang lebih baik,” ungkapnya. Karenanya, mereka berharap warga Tegal dan sekitarnya bisa mendukung ketiganya supaya bisa lolos ke Top 20. Caranya dengan memberikan satu klik like laman http://bit.ly/VoteTACOSocialpreneurIPB. (muj/zul)

 

Sources : radartegal.com/berita-lokal/hebat-tiga-mahasiswa-asal-tegal-ciptakan-cokelat.16653.html

 

FacebookTwitterWhatsAppBlogger PostTumblrGoogle+Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *