Lomba Daur Ulang Kreatif Sampah Perairan

Posted on Posted in IPB

Lomba Daur Ulang Kreatif Sampah Perairan

Tema: “Masa Depan untuk Perairanku

Lomba Daur Ulang Kreatif Festival Air 2016 merupakan salah satu cabang perlombaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (HIMASPER) IPB. Perlombaan dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2016 di Lapangan Kampus IPB, Baranangsiang, Bogor. Perlombaan ini diselenggarakan untuk meningkatkan minat dan motivasi generasi muda agar terus berkarya serta meningkatkan pengetahuan pelajar maupun masyarakat umum akan pentingnya air dalam kehidupan.

SYARAT DAN KETENTUAN  LOMBA DAUR ULANG KREATIF SAMPAH PERAIRAN FESTIVAL AIR 2016

A. KETENTUAN UMUM

  1. Peserta kategori Umum se-Jabodetabek, bersifat kelompok terdiri atas 3-5 orang.
  2. Kompetisi ini tidak berlaku untuk panitia penyelenggara “Festival Air 2016”.
  3. Karya yang diikutsertakan harus orisinil, belum pernah diikutsertakan dalam lomba lain maupun dipublikasikan di media apapun.
  4. Masing-masing kelompok peserta hanya boleh membuat satu karya.
  5. Lomba Daur Ulang Keatif Sampah Perairan tidak dikenakan biaya pendaftaran (Gratis).
  6. Mengisi formulir pendaftaran secara online bit.ly/lombafestivalair2016, batas akhir pendaftaran tanggal 3 Oktober 2016.

B. KETENTUAN KHUSUS

  1. Tema Lomba Daur Ulang Kreatif yaitu, Masa Depan untuk Perairanku”. Maksud dari tema tersebut bahwa limbah/sampah yang akan didaur ulang wajib berasal dari suatu perairan sebagai salah satu bentuk mengatasi masalah pencemaran perairan oleh limbah bahan bangunan, limbah baterai, limbah plastik, limbah barang elektronik, limbah logam, dan limbah lainnya yang ada di suatu perairan dan dapat di daur ulang. Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk  campaign kepada masyarakat pentingnya mendaur ulang sampah dan menjaga lingkungan.
  2. Karya yang diikutsertakan tidak mengandung unsur SARA, pornografi, serta tidak menyinggung pihak manapun.
  3. Karya yang diikutsertakan tidak boleh melanggar hukum yang berlaku di Republik Indonesia dan tidak boleh melanggar hak kekayaan intelektual milik pihak manapun.
  4. Pada kompetisi lomba Daur Ulang Kreatif Sampah Perairan, peserta wajib membuat sinopsis tentang asal limbah, proses daur ulang/langkah-langkah pembuatan kaya seni yang  akan dibuat, dan pemanfaatan karya seni yang telah dibuat bagi masyarakat luas, diketik (Format .pdf), lampirkan pula video kegiatan pemungutan sampah tesebut di perairan yang dituju sebagai bukti orisinil dari bahan yang dipergunakan, dan lampirkan biodata diri, scan Kartu Tanda Penduduk/Kartu Tanda Mahasiswa/Kartu Pelajar (dalam format .JPEG), seluruh lampiran dijadikan satu folder (Format .rar) kirim  ke ipbfestivalair@gmail.com dengan subjek “LDUKSP FA 2016_Nama Peserta_Nama Sekolah/Kota Asal” maksimal tanggal 16 Oktober 2016.
  5. Karya merupakan barang yang dapat dipergunakan kembali atau berupa karya seni.
  6. Pembuatan karya dilakukan pada tanggal 23 Oktober 2016 di Lapangan Kampus IPB, Baranangsiang,
  7. Pelaksanaan lomba dimulai pukul 10.00 WIB.
  8. Bahan utama untuk membuat karya adalah barang bekas/sampah yang terdapat di perairan dan HARUS dibersihkan sebelum digunakan dalam pembuatan karya.
  9. Komponen karya mengandung minimal 50% bahan utama.
  10. Peserta membawa masing-masing alat dan bahan tambahan yang digunakan untuk pembuatan karya. Panitia hanya menyediakan tempat untuk pembuatan karya.
  11. Setiap karya yang menjadi hak panitia yang dapat digunakan untuk keperluan panitia, namun tetap dengan persetujuan peserta dan hak cipta tetap milik peserta.
  12. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta sebelum, selama maupun sesudah penjurian apabila peserta terbukti melakukan kecurangan.
  13. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

C. PERIHAL PENILAIAN

Kompetisi ini menggunakan sistem penjurian. Secara umum, sistem ini diberlakukan untuk menilai dan mengakomodir karya-karya peserta berdasarkan beberapa kriteria. Kriteria penilaian lomba Daur Ulang Kreatif yaitu gagasan atau ide yang dimiliki peserta yang disalurkan melalui karya, kesesuaian karya dengan tema, keunikan karya, orisinalitas karya, manfaat/nilai guna dari karya, estetika karya, dan ketepatan waktu peserta dalam membuat karya. Keputusan juri adalah final dan mengikat serta tidak dapat diganggu gugat. Pemenang juara 1, 2 dan 3 akan diumumkan pada tanggal 23 Oktober 2016. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta sebelum, selama maupun sesudah penjurian apabila peserta terbukti melakukan kecurangan dan/atau melanggar syarat dan ketentuan Lomba Daur Ulang Kreatif Sampah Perairan “Festival Air 2016”.

D. HADIAH

Juara I            : Rp3.000.000,00 + Sertifikat + Medali

Juara II          : Rp2.000.000,00 + Sertifikat + Medali

Juara III         : Rp750.000,00 + Sertifikat + Medali

E. LAIN-LAIN

Untuk komentar, pertanyaan, tanggapan lebih lanjut mengenai Lomba Daur Ulang Kreatif Sampah Peraian “Festival Air 2016” ini dapat anda tanyakan ke Twitter/Instagram @festivalair_ipb maupun LINE official @yhx4131u. Alamat email yang dapat dihubungi ipbfestivalair@gmail.com atau contact person: +6285710523132 (Novia Indah Kintani).

FacebookTwitterWhatsAppBlogger PostTumblrGoogle+Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *