MASKOT KEMAREHABNAS 2017

Posted on Posted in Buletin Himasper IPB, IPB

maskot

Salam Perairan !

Maskot KEMAREHABNAS 2017 bernama Enhalla dan Sirena. Nama ini di ambil dari kata Enhallus serta Sirenia yang merupakan ordo dari Dugong.

Enhalla merupakan maskot pertama yang dipresentasikan sebagai Putri Lamun. Lamun mempunyai keunikan yaitu memiliki bunga dan buah yang akhirnya akan berkembang menjadi benih lamun. Hal ini menunjukkan bahwa KEMAREHABNAS 2017 dapat menghasilkan benih-benih cinta masyarakat terhadap ekosistem perairan.

Akar yang kuat dan daun yang lebat pada Lamun menunjukkan bahwa kesuksesan acara KEMAREHABNAS 2017 tidak hanya oleh satu orang, melainkan oleh banyak orang yang memiliki tekad dan tujuan yang kuat untuk melestarikan perairan.

Selain itu, sikap ceria, kuat, partisipatif, dan pantang menyerah yang di miliki Putri Lamun merupakan nilai-nilai yang ingin diterapkan kepada masyarakat untuk turut serta dalam menjaga dan melestarikan perairan.

Maskot kedua yang diberi nama Sirena di presentasikan sebagai Duyung Laut (Dugong). Dugong hidup yang tinggi dan waktu reproduksi yang lambat. Dibutuhkan waktu 10 tahun untuk menjadi dewasa. Hal ini berkaitan dengan Hasil dari KEMAREHABNAS 2017 yang tidak dapat dirasakan langsung setelah acaranya selesai. Namun, manfaat itu akan dirasakan di masa yang akan datang.

Suara seperti kicauan, berderit, dan menggonggong yang digunakan oleh dugong untuk berkomunikasi menunjukkan bahwa KEMAREHABNAS 2017 tidak hanya sekedar mengajak orang-orang untuk ikut serta. Namun, KEMAREHABNAS juga memberikan bukti nyata dalam menjalankan kecintaannya terhadap perairan.

Lamun dan Dugong saling berkaitan satu sama lain. Lamun merupakan makanan utama dugong sehingga kehidupan mamalia ini sangat tergantung padanya.

Sama seperti halnya manusia dengan sumberdaya alam. Manusia akan membutuhkan sumber daya alam untuk tetap hidup. Manusia juga yang memiliki kuasa dalam memperlakukan alam. Jadi lestari atau tidaknya sumberdaya alam terutama perairan tergantung manusia memperlakukannya.

#Maskotkemarehabnas2017
#SemangatBangkit
——————————
LINE : @wvp4209n
IG : gbchimasper

FacebookTwitterWhatsAppBlogger PostTumblrGoogle+Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *