Press Release Festival Air 2016

Posted on Posted in IPB, Press Release

Bogor, 22 Oktober 2016. Kegiatan Seminar Nasional Festival Air 2016 berlangsung di Auditorium Soemardi Sastrakusumah, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. Tema yang diangkat yaitu, “Pengelolaan Sumberdaya Air dan Lingkungan Perairan Indonesia yang Berkelanjutan untuk Kelestarian Lingkungan”. Seminar ini dihadiri sebanyak lebih dari 150 orang, yang terdiri atas Mahasiswa IPB maupun non IPB serta siswa/i SMA. Melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (Himasper) IPB ini, diharapakan adanya turut serta generasi muda dalam pengelolaan sumberdaya air secara berkelanjutan.

img_20161022_093134

Adapun narasumber dalam Seminar Nasional Festival Air 2016 yaitu, Dr. Budi Kurniawan, M. Eng (Kepala Sub Direktorat Inventarisasi dan Alokasi Beban Pencemaran, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Dr. Taryono, S.Pi, M.Si (Dosen Dept. Manajemen Sumberdaya Perairan, IPB), Sudirman Asun (Ketua Ciliwung Institute), dan Ir. Rinda Lilianti, M.Si (Kepala Bagian Produksi PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor). Setelah berlangsungnya seminar, rangkaian acara Festival Air 2016 dilanjutkan dengan lomba menggambar dan mewarnai yang dihadiri oleh siswa sekolah dasar yang berasal dari sekitar wilayah kampus IPB Dramaga.

Bogor, 23 Oktober 2016. Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), FPIK IPB yang berjumlah 130 orang mengikuti aksi bersih-bersih Sungai Ciliwung. Aksi tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Air 2016 yang berkolaborasi dengan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Bogor. Seluruh mahasiswa MSP sangat antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung di Sungai Ciliwung (di bawah jembatan Jl. Jalak Harupat, Sempur Bogor) ini. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari AKA Migas Balongan, Indramayu.

49668

49670

49675

Kegiatan bersih-bersih dimulai pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini dibuka oleh Een Irawan selaku koordinator KPC Bogor, kemudian dilanjut dengan pembacaan doa untuk Alm. Bapak Hapsoro, dimana beliau adalah penginisiasi terbentuknya Komunitas Peduli Ciliwung. Selanjutnya, pemberian kenang-kenangan oleh Ketua Pelaksana Festival Air 2016, KurniaIndra Triatmadja kepada KPC Bogor yang diwakili oleh Bapak Tisnadari.

49671

49682

49662

Ratusan kuintal sampah yang berhasil diangkut diantaranya berupa sampah plastik kemasan makanan dan minuman, pakaian, dan lain-lain. Kedepannya diharapkan masyarakat memiliki kesadaran dan keikutsertaan dalam melindungi sungai.

FacebookTwitterWhatsAppBlogger PostTumblrGoogle+Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *