Tentang MSP

 

Sejarah dan Kiprah

Departemen MSP adalah salah satu departemen di lingkungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (FPIK-IPB).  Kami berdiri sejak 1963 bersamaan dengan pendirian IPB oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno.  Hingga saat ini MSP telah menghasilkan banyak lulusan yang berperan aktif dalam pembangunan nasional, tidak saja dalam bidang perikanan dan kelautan dalam arti luas namun juga dalam bidang lainnya.

Berdasarkan hasil penelusuran data alumni, para lulusan MSP saat ini berprofesi sebagai pendidik (PTN, PTS, dan pengajar pada tingkat SLTA), peneliti (LIPI, BPPT, Litbang Pertanian,  Lemigas, lembaga penelitian lainnya), staf kementerian (Kelautan dan Perikanan, Pertanian, Kehutanan, Lingkungan Hidup, Perindustrian), staf lembaga di bawah PBB (FAO), LSM baik nasional maupun internasional (Kehati, Terangi, WWF, TNC, Wetlands International), perusahaan pertambangan dan perminyakan, baik nasional maupun multinasional (Antam, Pertamina, Freeport, Chevron, BHP, CNOOC), jurnalis (semua media surat kabar dan TV), konsultan lingkungan, baik nasional maupun internasional, pegawai pada perusahan swasta nasional, BUMN, dan internasional serta aktif dalam bidang wiraswasta.

 

Visi Departemen MSP

“Menjadi institusi pendidikan tinggi bertaraf internasional dalam bidang manajemen sumberdaya dan lingkungan perairan serta penentu kecenderungan dalam perencanaan kebijakan sumberdaya perairan untuk pembangunan perikanan dan kelautan yang berprinsip pada kelestarian dan berbasis ekosistem”.

Misi Departemen MSP

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis penelitian guna menghasilkan sumberdaya manusia berkualitas tinggi dalam mengelola sumberdaya dan lingkungan perairan,
  2. Mengkaji dan mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi untuk mengelola sumberdaya dan lingkungan perairan,
  3. Berperan aktif dalam pembangunan perikanan dan kelautan melalui penerapan ilmu dan teknologi pengelolaan sumberdaya dan lingkungan perairan serta manajemen perencanaan kebijakan.
  4. Menyediakan layanan yang berkualitas bagi masyarakat dalam memecahkan permasalahan sumberdaya dan lingkungan perairan.

 

Motto Departemen MSP

“Menuju Sukses Prima”

 

Sumber: http://msp.fpik.ipb.ac.id

 

FacebookTwitterWhatsAppBlogger PostTumblrGoogle+Share/Bookmark

5 thoughts on “Tentang MSP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *