Salam Konservasi! Himasper IPB Kembali Menggelar Kegiatan Green Belt Conservation (GBC) 2021

Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (Himasper) IPB kembali menggelar kegiatan Green Belt Conservation (GBC), (25/9) di Desa Patramanggala. Kegiatan ini mengangkat tema “Keberadaan Ekosistem Mangrove : Sinergi antara Ekowisata dan Budidaya Berkelanjutan serta dalam rangka kegiatan Festival Air 2021.

Kegiatan GBC ini terdiri dari tiga sub kegiatan yaitu Monitoring dan Penanaman Mangrove, Penyuluhan Perikanan dan Focus Group Discussion (FDG) dan Himasper Mengajar.

Dilansir melalui ipb.ac.id, Laksamana Rafael Natan selaku Ketua Umum Himasper menyatakan bahwa kegiatan GBC ini merupakan agenda tahuan yang juga merupakan salah satu upaya Himasper dalam kegiatan konservasi ekosistem perairan dengan pendekatan sosial dan ekologi.

Adanya penanaman mangrive dan monitoring ini bertujuan guna mengetahui pertumbuhan dan konservasi mangrove yang telah dilaksanakan dua tahun sebelumnya. Jumlah bibit mangrove yang berhasil ditanaman  yaitu 1000 bibit dengan jenis Bruguiera cylindrica. Hal ini juga membuka kesempatan masyarakat umum untuk turut berpartisipasi dalam upaya pelestarian dan perbaikan kawasan pesisir.

Kegiatan FDG pun dilaksanakan di Balai Desa Patramanggala dengan hadirnya beberapa pakar handal Departemen MSP yaitu Dr. Fery Kurniawa, Ir. Agustinus M Samosir, MPhill dan Dr. Gatot Yulianto. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Ketua Camat Kemiri, Kabupaten Tangerang yaitu Bapak Hadiyanto, SIP, MM. Dilansir dari ipb.ac.id beliau menyatakan bahwa masyarakat sekitar diharapkan dapat memperoleh pengetahuan terkait ekowisata mangrove dan budidaya ikan dari pakar yang memumpuni.

Himasper IPB juga berkesempatan melakukan kegiatan Himasper mengajar yang dilaksanakan di SDN Patramanggala 1. Kegiatan ini bertujuan guna mengedukasi para siswa disana untuk Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mengenalkan ekosistem perairan serta dampak sampah kepada lingkungan sekitar.

Rafael pun mengatakan bahwa kegiatan Himasper mengajar ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para siswa untuk menerapkan pola hidup sehat yang khususnya di masa pandemi COVID-19 saat ini. Selain itu juga kegiatan ini mengajari pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan demi kesehatan bersama.

Leave a Reply